Pengertian dan Anatomi CSS


Css atau Cascading Style Sheet, adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mendefisinikan berbagai macam elemen elemen yang ada dalam document HTML, contohnya seperti mengatur posisi , mengubah ukuran, mengubah warna dan sebagainya. Contoh penulisan css.
contoh code script css

hasil dari script di atas

tampilan saat menggunakan css

Bingung dengan kode diatas? Tenang saya akan menjelaskannya satu persatu, apa itu selector, property dan value.

1. Selector adalah sebuah bagian bagian dari CSS yang digunakan untuk memilih dan memanipulasi elemen spesifik pada HTML.
2. Property adalah jenis style atau element yang akan di ubah dalam sebuah tag HTML.
3. Value adalah nilai dari Property.

Untuk lebih memahaminya sebaiknya baca penjelasan berikut.
Pada gambar di atas, selector yang saya pilih adalah tag “<h1>” dan property nya “color” dengan value “red”. Jadi saya ingin si CSS mengubah tag <h1> yang ada dalam document HTML saya menjadi berwarna merah.
Lihat contoh berikut.



Hasil
Itu adalah hasil dari script di atas barusan, nah sekarang saya ingin mengubah text “Belajar CSS Dasar” itu ketengah dan juga saya akan memberikan warna merah pada text tersebut. Dan Untuk text “Saya sedang mempelajari css dasar di blog ngodingtutorial.blogspot.co.id” saya hanya akan memperbesar tulisannya saja, dan bagaimana cara membuatnya? Itu sangatlah mudah lihat contoh script berikut.

Hasil
Gimana mudah bukan? Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada yang tidak di mengerti tanyakan saja pada kolom komentar. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Pengertian dan Anatomi CSS"

  1. WAh makasih nih buat pembelajarannya gan, ane suka maenin css juga gan

    ReplyDelete
  2. wah infonya sangat bermanfaat sekali sekrang saya mengerti apa itu anatomi css

    ReplyDelete
  3. infonya sangat bermaanfaat sekali gan

    ReplyDelete
  4. kalo perbedaan yg mendasar dari css dengan html apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau HTML struktur halaman web nya gan. Dan CSS berguna untuk mendesain struktur dari halaman web tersebut.

      Delete
  5. saya sering ngoding ko, dan yang paling susah buat JS hehe:D

    ReplyDelete

Berkomentarlah sewajarnya, dan jangan cantumkan link aktif di dalam komentar atau konten dewasa.!